Rabu, 27 Januari 2010

UPACARA BUKA LUWUR MAKAM SUNAN KUDUS




KUDUS - Buka Luwur adalah upacara tradisional penggantian kain kelambu yang dijadikan penutup makam Sunan Kudus. Buka Luwur adalah upacara penggantian Luwur atau kain mori yang digunakan untuk membungkus jirat, nisan, dan cungkup makam Sunan Kudus. Acara yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram itu sebenarnya acara pemasangan Luwur yang baru. "Buka Luwurnya sendiri, sejak 6 tahun terakhir, dilakukan pada tiap tanggal 1 Muharram", ungkap Bapak Haji Nur Riza Juru Kunci Makam Sunan Kudus
Upacara Buka Luwur Makam Sunan Kudus merupakan sebuah upacara yang meriah namun juga khidmat dan keramat. Meriah karena dihadiri oleh ribuan umat muslim dari Kudus dan sekitarnya yang berebut sego jangkrik, khidmat karena dalam upacara puncak suasana dalam tajug sangat hening dan khusyuk. Keramat karena dalam upacara ini juga dilakukan sebuah acara yang sangat bernuansa mistis, yaitu ketika pencucian atau penjamasan pusoko Sunan Kudus.
Upacara Buka Luwur Makam Sunan Kudus memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebiasaan tahunan masyarakat, bahkan Upacara Buka Luwur Makam Sunan Kudus sudah menjadi adat atau tradisi masyakat Kudus selain Dandangan. Hal ini tidaklah mustahil karena Upacara Buka Luwur Makam Sunan Kudus sudah bertahun-tahun dilaksanakan.
Upacara pelepasan Luwur pada Makam Sunan Kudus dilaksanakan pada tanggal 1 suro pagi dan dimulai pada pukul 06.00. Sebelum Luwur dibuka terlebih dahulu dibacakan tahlil, pembacaan tahlil dan pelepasan Luwur dipimpin oleh K. H. Khoiruzad. K. H. Khoiruzad dan beberapa Kyai sepuh berada didalam bangunan cungkup makam Sunan Kudus yang beratap sirap, sedangkan jamaah lain berada diluar.
Buka Luwur diadakan untuk memperingati haul Sunan Kudus karena tanggal wafat Sunan Kudus tidak diketahui secara pasti, sehingga para ulama sepakat dengan mengadakan Buka Luwur dan dipilih tanggal 10 suro untuk melaksanakannya.(DK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar