Rabu, 27 Januari 2010

VEGETARIAN : GAYA HIDUP SEHAT BERMANFAAT


SEMARANG – Vegetarian yang kini sudah menjadi gaya hidup bagi kabanyakan orang, merupakan cara hidup sehat yang dapat memberikan keuntungan-keuntungan jasmani maupun rohani bagi pelakunya.
Vegetarian dapat memperpanjang usia, dari beberapa penelitian, ternyata orang-orang atau penduduk yang berumur panjang itu umumnya tidak banyak mengkonsumsi daging, missal suku Hanzas dan suku Okinawa di Jepang. Vegetarian juga tidak menurunkan kemampuan berpikir, karena banyak orang besar di dunia ini adalah vegetarian, seperti : Leonardo Da Vinci, Mahatma Gandhi, Hipocrates, dan lain-lain. Selain itu, vegetarian juga bermanfaat bagi kondisi rohaniah, karena dapat dengan tidak memakan makanan dari hasil penderitaan makhluk lain, maka perasaan cinta kasih dapat kita kembangkan.
Salah seorang vegetarian asal Semarang, Nur Pramono, menuturkan sejak Ia menjadi vegetarian, Ia menjadi lebih segar dan selalu sehat.
”Awalnya Saya mudah sekali terserang penyakit seperti sakit kepala migrain, asam urat, dan vertigo, itu sangat mengganggu pekerjaan Saya. Saya juga ada riwayat keturunan penderita diabetes. Sejak Saya memutuskan menjadi seorang vegetarian, 3 tahun yang lalu, Saya jadi tidak mudah terserang penyakit dan badan selalu fit. Saya juga tidak merasakan adanya efek negatif dari gaya hidup Saya ini.” ungkap Nur Pramono, saat ditemui di Rumah Makan Karuna Semarang, setelah menyantap habis menu favoritnya ”Salad Bayam”.
Seperti halnya makanan non vegetarian, makanan nabati juga memiliki empat sehat lima sempurna yang menyeimbangkan gizi pelakunya, yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan dan susu kedelai. Anggapan bahwa kurang makan daging membuat badan lemah, hanya mitos belaka. Vegetarian yang berkecukupan semua zat gizinya, tidak menjadi lemah daripada yang non vegetarian. Mereka bahkan relatif sehat. (MY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar